Wednesday, September 18, 2019

Apakah leukemia dapat menular jika darah penderita memasuki tubuh orang lain?

Seperti yang kita ketahui bersama, Leukaemia merupakan kanker yang terjadi pada darah, tepatnya pada leukosit (sel darah putih), sehingga terjadi produksi berlebihan sel darah putih yang tidak normal. [1]
Sebenarnya, agak sedikit bingung juga sih saya, kira - kira kesalahan seperti apa ya yang menyebabkan seseorang yang terkena leukaemia dapat mendonorkan darahnya, kan harusnya dilarang euy.
Nah, ternyata para peneliti, sudah pernah memikirkan hal ini, pada tahun 2007 sekelompok peneliti melakukan suatu studi kohort retrospektif untuk melihat data historikal pendonor sejak 1968 - 2002 yang terdiagnosa kanker 5 tahun setelah melakukan donasi. [2]
Nah, kesimpulan dari penelitan tersebut adalah :
Dari 354,094 penerima donor (resipien) yang eligible untuk menjadi subyek, sebesar 12,012 (3%) terekspos kepada darah yang didapat dari darah orang yang mengidap kanker 5 tahun setelah melakukan donor darah.
Dari jumlah tersebut, tidak ada bukti bahwa transfusi darah dari pendonor yang mengidap kanker dapat meningkatkan resiko kanker pada penerima darah.
Mengapa bisa begitu? Mari kita bahas satu satu.
— Proses transfer darah berdasarkan kepada kemiripan (match) sel darah merah penerima dengan sel darah merah pendonor, sehingga kita mengenal ada beberapa golongan darah.
Pada umumnya, sel kekebalan tubuh manusia akan mengenali dengan jelas bahwa sel darah putih yang baru masuk ke pembuluh darah ini sebagai "non self substance" dan akan membunuhnya.
Wah ada anak baru, keknya kelakuannya ga beres nih, gue gibas juga dah!
Mungkin begitu pikiran sel imun jika melihat sel darah putih dari penderita Leukaemia yang masuk ke tubuh kita.
Hal ini berbeda dengan sel kanker yang dikembangkan oleh tubuh sendiri yang sulit dibunuh oleh sistem kekebalan tubuh kita, karena kesulitan mengenali bahwa sel kanker adalah sel yang berbahaya. [3] [4]
— Leukaemia merupakan kanker yang menyerang sumsum tulang (bone marrow), sehingga dapat memproduksi sel - sel darah putih yang tidak normal.
Hanya sel punca yang berada pada bone marrow inilah yang dapat membelah diri, sel darah putih yang rusak karena kanker itu sendiri tidak dapat membelah dirinya sendiri di dalam aliran darah.
Oleh karena itu, walaupun sel darah putih yang rusak tidak dibunuh oleh sistem kekebalan tubuh, mereka akan mati sendiri seiring berjalannya waktu.

Semoga cerita ringan ini dapat menjawab pertanyaan anda.
Catatan Kaki

No comments:

Post a Comment