Sunday, October 6, 2019

Apa jenis dan merek sepeda yang cocok digunakan untuk pergi dan pulang kantor?

Walaupun sebenarnya kamu bisa menggunakan sepeda apapun untuk ke kantor, kecuali sepeda statis. Satu petuahku (cie), sebaiknya jangan memulai Bike to Work dengan sepeda MTB (sepeda gunung), bisa - bisa kamu kapok tidak akan mau melanjutkannya lagi (¯▿¯)
Iya sepeda gunung, apalagi yang full suspension dengan ban gondrong ya habitatnya di gunung, tidak cocok untuk dirimu yang berkantor di kota, dengan jalan aspal mulus, kecuali kalau lokasi kantormu memang di pedalaman yang bahkan abang ojek online saja ogah mengantar makanan ke sana (ノ_<。)ヾ(´ ▽ ` )
Daripada MTB, sepeda lipat masih lebih masuk akal untuk digunakan B2W, karena dapat dilipat (yaiyalah), dan dibawa ke dalam gerbong KRL. Ini pilihan sepeda yang paling cocok bagi kamu yang rumahnya di planet Bekasi tapi kerjanya di Sudirman.

Nah, apabila kota tempat tinggalmu tidak dilewati jalur kereta, saya sarankan kamu memulai B2W dengan sepeda roadbike yang memiliki geometri endurance, sepeda touring tidak direkomendasikan, karena pannier akan menambah beban yang tidak perlu.
Kenapa harus roadbike endurance?
Karena nyaman - kentjang - dan bikin hati riang.
— ban roadbike itu lebih tipis dibanding dengan jenis sepeda lainnya, dengan sedikitnya area kontak ban dengan aspal, maka kayuhanmu akan lebih ringan.
— senada dengan poin sebelumnya, ban roadbike diameternya lebih lebar dibanding jenis sepeda lainnya. Rolling resistancenya (kemampuan ban untuk tidak berhenti berputar setelah tidak dikayuh) pasti lebih bagus.
— geometri endurance berarti posisi dudukmu akan lebih tegak, ga cepat bikin pegal.
— umumnya memiliki wheelbase (jarak antara sumbu as depan dan belakang) yang lebih panjang dibandingkan sepeda balap non -endurance. Semakin panjang wheelbase, maka pengendalian sepeda akan lebih baik, terutama bagi pemula.
Ga perlu takut harus membeli sepeda yang mahal kok. Pabrikan lokal seperti Polygon juga sudah memproduksi sepeda balap dengan frame endurance, contohnya Polygon seri Strattos dan Helios seri C.
Polygon Strattos, seperti milik saya, salah satu sepeda lokal dengan geometri endurance.
Duh, saya jadi kepingin Bike to Work lagi (╥﹏╥)

No comments:

Post a Comment