Sunday, October 6, 2019

Apa yang terjadi jika darah manusia terlalu asam atau terlalu basa?

pH darah manusia normal adalah 7.4 plus minus 0.5, angka ini diatur dengan ketat oleh sistem dapar (buffer) yang akan mengkompensasi penyimpangan - penyimpangan yang dapat mempengaruhi nilai pH.
Nah, apabila terjadi gangguan pada sistem buffer ini, pH darah mungkin akan turun lebih rendah dari 7.35, kondisi itu disebut Asidemia, sementara serangkaian mekanisme yang menyebabkannya disebut Asidosis.
Sama halnya jika pH darah lebih dari 7.45, situasi ini disebut Alkalemia, dan serangkaian mekanisme yang menyebabkannya disebut Alkalosis.
Sumber gambar [1]
Acidosis
Kondisi dimana pH darah turun dari keadaan normal, dikelompokkan menjadi :
asidosis metabolik
Kondisi ini paling sering terjadi akibat mengonsumsi senyawa yang dapat dipecah (dimetabolisme) menjadi senyawa yang bersifat asam, diantaranya adalah alkohol maupun pengonsumsian obat seperti aspirin dalam dosis tinggi.
Asidosis metabolik juga dapat terjadi sebagai komplikasi penyakit tertentu, seperti gagal ginjal maupun diabetes (akibat tubuh menggunakan asam lemak untuk menghasilkan energi).
Selain itu, kehilangan banyak ion bikarbonat yang menyebabkan pH darah turun juga dapat terjadi akibat diare akut.
asidosis respiratorik
Gangguan pernafasan yang menyebabkan karbon dioksida tidak dapat dikeluarkan dengan lancar merupakan penyebab utama kondisi ini, pasien dengan gangguan paru seperti penyakit obstruktif paru kronis, pneumonia, maupun asma memiliki resiko yang paling besar.
Alkalosis
Sebaliknya, alkalosis terjadi saat derajat keasaman darah naik dari nilai normal.
Alkalosis juga dapat dibagi menjadi :
—alkalosis metabolik
Terjadi akibat kekurangan asupan kalium/potassium (hipokalemia), muntah/diarea yang terus menerus, penggunaan obat diuretik/pelancar buang air kecil yang berlebihan, penderita maag kronis yang sering menggunakan antasida, dan lain sebagainya).
—alkalosis respiratorik
Saat kadar karbon dioksida dalam darah menurun, contohnya akibat gangguan kecemasan yang meningkatkan seseorang bernafas dengan lebih cepat.
Lalu apa yang akan terjadi jika pH darah kita turun/naik dari kondisi normal?
Yaaaaa lumayan, paling enteng sih cuma pusing atau lemas, kalau yang lumayan parah sih bisa sampai terjadi gangguan irama jantung (aritmia).
Catatan Kaki

No comments:

Post a Comment