Friday, March 29, 2019

Apa saja gejala dan akibat dari cacingan? Apakah sering makan tapi tak gemuk juga tanda anak terkena cacingan? Bagaimana cara mengobatinya?

Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan farmasi yang memproduksi berbagai macam obat, diantaranya adalah obat anti cacing kesayangan kita semua yeay!
Jangan lupa yah untuk mengkonsumsi obat anti cacing secara teratur, semakin banyak semakin baik, agar bonus tahunan saya bertambah mhuahahahaha.


Oke cukup intronya, menggelikan.

Gejala yang umum dialami oleh penderita infeksi cacing dapat berupa perut kembung, mual, muntah, diare dan nyeri perut, hingga hilangnya nafsu makan.
Tetapi, ada beberapa jenis infeksi cacing yang memberikan gejala khas, yang berbeda dengan infeksi cacing lainnya, contohnya :
  • Cacing kremi (Enterobius vermicularis), dapat menimbulkan gatal pada area anus, dimana cacing meletakkan telur - telurnya untuk menyongsong generasi baru cacing dengan masa depan yang lebih cerah (apabia tidak diobati).
  • Cacing tambang (Ancylostoma duodenale), karena cacing ini dapat menghisap darah melalui usus, apabila cacing ini numpang tinggal di usus seseorang dia akan menimbulkan anemia.
  • Cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing ini dapat menyebabkan batuk keringbunyi mengi saat bernafas (seperti pada penderita asma), hingga yang paling fatal yaitu infeksi paru. Hal ini terjadi karena si cacing berjiwa petualang, setelah menetas, larva - larva cacing muda akan bermigrasi ke paru - paru.
Anda benar, salah satu gejala umum cacingan (dan infeksi parasit lainnya) adalah terjadinya kekurangan gizi akibat nutrisi yang seharusnya diabsorpsi oleh tubuh malah dimakan oleh cacing - cacing tersebut, sehingga pasien tidak gemuk - gemuk walaupun sudah makan dalam jumlah banyak.
Akan tetapi, penarikan kesimpulan bahwa seseorang mengalami infeksi cacingtidak bisa dilakukan semudah itu, laju metabolisme seseorang bisa saja berbeda dengan orang lain, sehingga mau makan sebanyak apapun, massa tubuh tidak akan bertambah.
Karena itulah, tidak disarankan seorang pasien melakukan self - diagnose tanpa berkonsultasi dengan dokter yang didukung oleh berbagai pemeriksaan penunjang.
Semoga cerita ini ada manfaatnya.

No comments:

Post a Comment