Thursday, March 28, 2019

Nyeri karena obat anti nyeri


Untuk menghilangkan nyeri yang disertai inflamasi, baik itu nyeri sendi, nyeri pada gigi, maupun hal lain, secara umum obat yang akan diresepkan oleh dokter adalah obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Mungkin bagi yang sering menggunakannya atau memiliki keluarga yang rutin menggunakan OAINS sudah umum untuk mendengar nama aspirin, ibuprofen, diklofenak, piroksikam, asam mefenamat, atau yang kurang umum seperti indometasin, naproxen, sulindac, ketorolak, flurbiprofen, dan sebagainya.
Obat obat yang saya sebutkan namanya di atas meredakan inflamasi dengan menghambat kerja enzim siklooksigenase-1, yaitu salah satu enzim dalam tubuh yang juga bertanggung jawab dalam tahapan pembentukan mukosa pelapis dinding lambung. Jika obat obatan ini digunakan terus menerus dalam jangka waktu lama tanpa pengawasan dokter maupun apoteker, akan sangat berbahaya karena menyebabkan pertahanan dinding lambung semakin lemah dan mudah mengalami iritasi akibat asam lambung yang mengenai lapisan bawah lambung yang tidak terlindungi oleh mukosa.

Selain dari jangka waktu dan dosis obat yang digunakan, resiko tukak yang disebabkan oleh penggunaan OAINS dipengaruhi oleh kepekaan respon masing-masing individu. Apabila saat menggunakan suatu OAINS, timbul respon yang tidak diinginkan dari pasien seperti rasa nyeri pada lambung sampai timbulnya pendarahan pada feses, maka segera hentikan penggunaan dan konsultasikan kepada dokter atau apoteker untuk diberikan alternatif OAINS yang lain.
Jangan lupa untuk selalu ceritakan riwayat penyakit yang diderita dan obat yang pernah maupun sedang digunakan kepada dokter maupun kepada apoteker di apotek sebelum membeli obat yang telah diresepkan oleh dokter, karena jika anda mengkonsumsi OAINS dengan obat obatan lain seperti warfarin, siklosporin, fenitoin maupun antihipertensi yang termasuk dalam golongan ACE Inhibtor seperti kaptopril, akan meningkatkan resiko terjadinya tukak lambung.
Untuk menghindari terjadinya tukak lambung pada penggunaan OAINS, selalu konsumsi OAINS setelah makan, minimalnya awali konsumsi OAINS dengan sepotong roti atau sereal untuk mengurangi efek samping pada lambung, selama mengkonsumsi obat ini, kurangi merokok, minum kopi maupun minuman yang bersoda, dan hindari stress.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment