Thursday, March 28, 2019

Mengapa kita merasa haus setelah berolahraga?

Saya yakin akan banyak yang berpendapat kita merasa haus setelah berolahraga karena dehidrasi, oke itu memang benar sih.
Haus terjadi akibat berbagai macam proses yang rumit dalam sistem neuro-hormonal, seperti sekresi hormon vasopressin oleh otak, stimulasi sistem renin-angiotensin-aldosteron, aktivasi sistem syaraf simpatik dan sebagainya. [1]
Tapi saya mau bercerita dengan simpel ah, di kantor sedang ada audit jadi malas berfikir berat - berat hahahaha.
Ada suatu faktor yang menyebabkan kita haus setelah berolahraga, diantaranya adalah karena bernafas.
Lha kok bisa?
Gini, sabar dulu (。´∀`)ノ
Nah, pada saat berolahraga, sel - sel tubuh membutuhkan banyak bahan bakar untuk diubah menjadi energi. Darimana didapatkannya energi? Tentunya dari nutrisi makanan dan oksigen, dan oksigen didapatkan dari proses bernafas.
Pada kondisi normal kita bernafas melalui hidung, ya kan? seharusnya banyak yang setuju sih, jika kita penghuni Quora memiliki spesies yang sama.
Nah, apabila kita berolahraga, kebutuhan oksigen untuk proses respirasi sel akan meningkat, sehingga oksigen tidak cukup hanya didapatkan melalui hidung, kemudian tanpa kita sadari, kita akan mulai bernafas melalui mulutsambil terengah - engah.
Saat udara melewati rongga mulut, terjadi proses evaporasi yang menyebabkan mulut kering. Kurangnya air liur [2] membuat kelenjar saliva memproduksi lebih banyak lagi air liur, untuk kemudian dievaporasi lagi oleh udara yang melewati rongga mulut.


Hal ini menyebabkan haus yang dirasakan setelah berolahraga akan sulit sekali dihilangkan.
Kita harus mengembalikan keseimbangan ion tubuh dahulu, menunggu tubuh untuk mengembalikan keseimbangan osmolaritas sel kembali seperti semua, dan menunggu kelenjar saliva memproduksi air liur dengan jumlah yang cukup untuk membasahi mulut lagi. [3]
Semoga cerita pendek ini ada gunanya.
Catatan Kaki

No comments:

Post a Comment