Friday, March 29, 2019

Cyclocross

Saya memiliki sebuah sepeda Polygon Bend RIV, enak lho digunakan untuk perjalanan jauh dibandingkan dengan MTB atau RB tradisional.
Sepeda ini merupakan sepeda tipe gravel - cyclocross, merupakan kombinasi antara road bike dan mountain bike.
Berbagai rute bersepeda yang dapat dilalui diantaranya adalah jalur yang ringan hingga yang membutuhkan skill teknikal yang baik, apabila keterampilan belum memadai, maksimal tipe jalur yang akan dilalui terbatas pada jalur cross country.
Contoh dari rute cross country, adalah jalan aspal rusak atau bebatuan pada pedesaan, hingga jalur off road ringan pada perbukitan. Kalau di depok contohnya adalah di Trek Hutan UI, atau trek JSPD - Tamiya di bandung.
Sumber gambar : Dokumentasi pribadi
Ada hal yang patut diwaspadai apabila belum terbiasa, karena sepeda ini tidak memiliki suspensi baik di depan maupun belakang, tentunya getaran akibat hantaman dengan batu atau gundukan tanah akan sangat terasa.
Akibat yang paling fatal adalah terjadinya keram pada bahu dan pergelangan tangan, akan sangat berbahaya apabila kram dan kelelahan terjadi pada turunan teknikal yang panjang karena dapat menurunkan kewaspadaan.
Untuk menunjang kenyamanan apabila sepeda ini hendak digunakan untuk ugal - ugalan, dapat dilakukan penggantian wheelset yang bertipe 650b karena memiliki karet ban yang lebih tebal, sehingga dapat meredam getaran dengan lebih baik.
Tetapi jika tidak diganti juga tidak apa - apa kok, pastikan saja bahwa bartape yang digunakan adalah dua lapis dan menggunakan gloves yang memiliki padding tebal :D

No comments:

Post a Comment