Friday, March 29, 2019

Bagaimana cara menyembuhkan anyang-anyangan?

Anyang - anyangan dalam dunia kesehatan disebut juga dengan disuria, hal ini sebenarnya adalah suatu gejala penyakit, pada saluran kemih. Jadi, ada beberapa mitos yang benar dan yang tidak benar mengenai anyang - anyangan.
Penyebab anyang - anyangan diantaranya adalah infeksi kandung kemih, infeksi ginjal, infeksi prostat, peradangan atau pembengkakan pada bagian uretra (saluran kemih), serta penyakit menular seksual. Selain karena infeksi, trauma akibat pemasangan kateter, batu ginjal atau kandung kemih, maupun pembesaran prostat (BPH) juga dapat menyebabkan anyang - anyangan.
Karena banyaknya kemungkinan penyebab anyang - anyangan inilah, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bakteri/kuman apa yang menginfeksi, maupun kondisi patologis apa yang menyebabkan anyang - anyangan. Penggunaan obat seperti antibiotik yang serampangan tanpa berkonsultasi dengan dokter/spesialis tidak dibenarkan.
Untuk meringankan rasa sakit yang timbul, dapat dilakukan :
  • Pengompresan dengan air hangat pada bagian yang terasa nyeri.
  • Mengkonsumsi makanan yang memiliki aktivitas antimikroba seperti bawang putih atau kunyit.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dapat diperoleh tanpa resep seperti ibuprofen (atau parasetamol bagi penderita tukak lambung).
Nah, jika anyang - anyangan sudah berhasil disembuhkan oleh regimen terapi yang ditetapkan oleh dokter, untuk mencegah agar tidak terjadi lagi, lakukan tindakan pencegahan, seperti rajin minum dan tidak menunda keinginan berkemih, selalu menjaga kebersihan organ kelamin, serta tidak menggunakan pakaian yang ketat.

No comments:

Post a Comment